Select Page

Pantai Pok Tunggal Yogyakarta mempunyai satu ciri khas yaitu sebatang pohon duras yang tumbuh di pantai ini. Pantai ini dibuka sebagai tempat wisata sejak tahun 2012 oleh masyarakat setempat. Pengelolaan yang baik menjadikan tempat ini selalu mengalami peningkatan jumlah pengunjung setiap tahunnya. Kebersihan pantai ini sangat terjaga lantaran penerapan denda bagi pengunjung yang mengotori kawasan wisata tersebut.

Asal Usul Nama Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Nama Pantai Pok Tunggal Yogyakarta diambil dari sebatang pohon duras yang hidup di pinggir pantai tersebut. Karena jumlahnya hanya sebatang, maka dinamakan pok tunggal. Pohon ini sangat dijaga sebagai ikon pantai, sehingga pengunjung yang datang diimbau untuk tidak merusaknya.

Keunikan Pantai Pok Tunggal

Keunikan lain dari pantai ini selain pohon duras, yaitu adanya sumber mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah, seperti yang umumnya terjadi di wilayah karst.

Pantai Pok Tunggal yogyakarta

Dari bukit sebelah barat pantai, pemandangan pantai terlihat lebih menawan. Sementara dari balik bukit tebing sebelah timur, Anda masih bisa menjumpai kawanan kera liar yang berkeliaran. Tempat-tempat ini menjadi lokasi favorit untuk mengabadikan momen di sini, selain pantai dengan tulisan Pantai Pok Tunggal yang menjadi penanda lokasi.

Perairan di pinggiran pantai masih tergolong aman untuk bermain air dan berenang. Namun tetaplah berhati-hati terutama Anda yang membawa anak kecil, hindari untuk bermain terlalu ke tengah.

Pantai ini mempunyai garis yang cukup panjang dengan perbukitan di sekitarnya. Keindahan pantai juga dapat dinikmati dari pasir putihnya yang terhampar luas dengan deburan ombak besar.

Pantai Pok Tunggal yogyakarta

Di Pantai Pok Tunggal Yogyakarta Anda bisa berkemah, bermain di pantai, dan berburu foto-foto yang menarik dari berbagai sudut. Ketika berkemah, Anda juga harus mewaspadai hewan-hewan liar yang suka berkeliaran di sekitar area camping pada malam hari.

Jika lapar melanda, singgah saja ke warung-warung sederhana di pinggir-pinggir pantai untuk menikmari aneka kuliner lokal yang ditawarkan. Harga makanan cukup murah, sekitar Rp7.000 hingga Rp20.000 per porsi untuk menu yang enak dan mengenyangkan.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Fasilitas umum di Pantai Pok Tunggal Yogyakarta selalu dilengkapi dari tahun ke tahun oleh pengelola. Fasilitas yang disediakan pengelola di tempat ini cukup lengkap dengan tarif sewa yang murah dibandingkan lokasi wisata pantai lain di Indonesia. Untuk menggunakan gazebo atau payung pantai dengan kapasitas dua hingga tiga orang, dikenakan biaya Rp20.000. Bagi Anda yang ingin menginap di pantai juga tersedia tenda dome yang disewakan dengan tarif Rp60.000 dan area camping antara Rp5.000 sampai Rp10.000.

Ada juga fasilitas toilet dan kamar mandi yang bisa digunakan dengan membayar Rp2.000 sampai Rp5.000 sekali masuk. Tak ketinggalan, musala juga disediakan oleh pengelola untuk keperluan ibadah pengunjung muslim.

Tiket masuk ke Pantai Pok Tunggal Yogyakarta sudah termasuk dengan pantai-pantai lain yang berdekatan yaitu Rp10.000 per orang, dibayarkan di pos retribusi. Anda hanya perlu membayar parkir sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor, Rp5.000 untuk mobil, dan untuk minibus sebesar Rp15.000.

Rute Menuju Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Pantai Pok Tunggal Yogyakarta berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menuju ke pantai ini, jalurnya tidak berbeda dengan rute menuju ke Pantai Indrayanti. Jika sudah berada di Pantai Indrayanti, Anda hanya perlu berkendara selam 15 menit saja.

Sementara dari pusat kota Yogyakarta jaraknya kurang lebih 70 kilometer. Dengan kendaraan pribadi dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Rute dari Yogyakarta yaitu ke arah Wonosari kemudian Tepus, lalu sampai ke Pantai Pok Tunggal. Ada papan petunjuk untuk sampai ke sini, sehingga Anda bisa sampai ke lokasi dengan mudah.

Menuju ke lokasi, sebaiknya Anda membawa kendaraan sendiri, sebab belum ada kendaraan umum yang mencapai ke pantai ini. Namun jika menginginkan berkendaraan umum, bisa menaiki bus dari Terminal Giwangan Yogyakarta menuju ke Wonosaro. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek dengan tarif sekitar Rp20.000.

Menyewa kendaraan bermotor bisa menjadi alternatif menuju ke Pantai Pok Tunggal Yogyakarta yang lebih mudah. Hubungi kami di Jogja Rental Motor untuk mendapatkan kendaraan yang Anda butuhkan dengan tawaran sewa menarik dan layanan memuaskan.