Select Page

Memancing merupakan hobi sekaligus olahraga yang menyenangkan, apalagi di tengah liburan Anda. Ada sebuah wisata yang rekomed sekali bagi Anda pencinta memancing. Namanya adalah Pantai Sadeng Jogja. Jangan salah eja, ya. Bukan sedeng tapi sadeng. Lokasinya berada di Gunungkidul yang terkenal memiliki pantai sepi dengan kemenakjuban-kemenakjuban tak terduga. Untuk lebih lengkap dan detailnya, berikut aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Sadeng.

Memancing di Pantai Sadeng Jogja, Wajib

Bagi pencinta memancing, ataupun yang belum pernah memancing, Anda harus merasakan sensasi tarikan gila ikan-ikan yang tinggal di Pantai Sadeng. Ada berbagai jenis ikan dari yang besar sampai kecil, mulai ikan tuna, kakap, bahkan ikan mahal bernama kerapu. Selain duduk di dermaga sambil memancing, Anda juga dapat memancing di tengah laut dengan menyewa perahu kecil maupun besar.

Pantai Sadeng jogja

Selain Main di Pantai, Mengamati Bengawan Solo Purba Juga Mengasyikan

Pantai berpasir putih dengan ombak yang relatif bersahabat membuat Anda dapat berenang, bermain pasir, atau hanya duduk-duduk. Selain itu, Anda juga tidak boleh melewatkan aktivitas wajib di sini, yaitu mengamati Bengawan Solo purba. Anda akan melihat jejak-jejak keberadaan garis sungai tanpa air yang dulunya merupakan aliran dari sungai Bengawan solo purba. Yap, dulunya Pantai Sadeng merupakan muara dari sungai tersebut.

Pantai Sadeng jogja

Wisata Kuliner yang Mantap

Tentu saja dengan hasil lautnya yang berlimpah, Pantai Sadeng menyiapkan berbagai sajian laut yang lezat dan mantap. Ada banyak warung makan yang dapat disinggahi untuk memuaskan lidah Anda.

Lokasi dan Rute ke Pantai Sadeng Jogja

Lokasi pantai cantik yang satu ini cukup jauh dari hiruk-pikuk pusat Kota Gudeg. Lokasinya berada di Jalan Sadeng, Kelurahan Songbanyu, termasuk Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Menuju lokasi disarankan menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil dan bus, sebab jarak yang harus ditempuh sekitar 88,5 kilometer. Jika perjalanan lancar, 2 jam lebih 31 menit Anda akan sampai di lokasi wisata pantai populer Gunung Kidul tersebut.

Dengan bantuan Google Map, Anda akan terbantu dengan memperlihatkan rute. Namun, sinyal di perjalanan kadang naik-turun. Jadi, lebih baik Anda mencatat rute menuju lokasi tersebut.

Diawali dari pusat kota Jogja, arahkan kendaraan ke selatan dan ikuti jalur menuju Kabupaten Gunung Kidul. Lebih detailnya berikut rutenya. Jalan Malioboro arah selatan hingga sampai Jalan Dagen, belok ke kiri sampai di Jalan Suryatmajan. Lalu arahkan kendaraan ke kanan ke Jalan Mayor Suyotomo lurus hingga Jalan Brigadir Jendral Katamso. Beloklah ke kiri menuju Jalan Brijen Katamso. Berjalanlah sampai menemukan kelokan ke kiri menuju Jalan Kolenel Sugiyono.

Lanjut ke Jalan Sisingamangaraja sampai Jalan Imogiri Barat,  arahkan kendaraan menju Jalan Pleret, sampai ke Jalan Playen. Ketika Anda menemukan Bundaran, ambil Jalan Nasional III. Setelah itu arahkan kendaraan menuju Jalan Wonosari Pracimantoro, lurus terus hingga menemukan belokan menuju Jalan Sadeng KM 12 Jerukwudul. Sebentar lagi, Anda akan sampai. Hanya cukup belok kanan setelah Jalan Sadeng, sampailah ke tujuan.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Harga tiket pantai penuh pesona ini sangatlah murah, hanya Rp 5.000 per orang. Biaya parkir tidak dikenai biaya. Namun, jika Anda ingin menjelajahi pantai tersebut dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, Anda dapat menyewa kapal dengan harga berkisar Rp 300.000 sampai Rp 500.000. Harga tersebut dapat terasa ringan jika dibagi dengan penumpang yang lain, atau pergi dengan rombongan.

Jam buka pantai Sadeng adalah 24 jam, dari hari Senin sampai Minggu. Baik hari kerja maupun tanggal merah, pantai ini siap melayani Anda. Fasilitas di tempat ini cukup lengkap, dari mulai toilet, penyewaan alat pancing, penyewaan kapal, dan terpenting tempat makan untuk mengisi perut kosong.

Berbagai hal menyenangkan di atas dapat Anda rasakan jika mengujungi Pantai Sadeng Jogja. Pastilah liburan seperti sebuah album foto yang terus terekam dalam kenangan. Agar liburanmu di Jogja lebih sempurna, gunakanlah kendaraan pribadi sehingga lebih leluasa. Jika Anda membutuhkan kendaraan, kami merupakan jasa yang siap melayani kebutuhan tersebut. Ada berbagai jenis dan merek kendaraan dengan keadaan prima dan harga terjangkau yang siap Anda gunakan. Untuk lebih lengkapnya, hubungi kami di Jogja Rental Motor.