Select Page

Keindahan alam di Jogja tidak pernah ada habisnya. Wajar saja kalau Jogja kerap jadi tujuan wisata banyak orang, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pantai di Jogja pun selalu menarik perhatian wisatawan untuk datang. Termasuk Pantai Sepanjang yang belum lama ini diresmikan sebagai salah satu destinasi wisata pantai di Jogja. Meskipun tergolong baru, Pantai Sepanjang Jogja sudah berhasil menarik cukup banyak wisatawan untuk datang ke sini.

Keindahan Pantai Sepanjang Jogja Menyita Perhatian Wisatawan

Pantai Sepanjang meskipun baru tapi sudah dapat menarik banyak perhatian wisatawan karena pantai ini menyimpan banyak hal unik dan menarik. Garis pantainya sangat panjang, melebihi pantai-pantai yang ada di daerah Gunung Kidul Jogja. Pantai ini satu garis dengan Pantai Kukup, Sundak serta Baron. Memiliki garis pantai yang sangat panjang ini lah yang mungkin menjadikan pantai ini kemudian dinamai sebagai Pantai Sepanjang.

Pantai Sepanjang Jogja

Nah, lebih menariknya lagi adalah Pantai Sepanjang Jogja sering disebut sebagai saudara kembar dari Pantai Kuta yang ada di Bali. Disebut sebagai Pantai Kuta-nya Jogja karena ada beberapa kemiripan antara kedua pantai tersebut. Karakteristik pantai agak mirip dengan Pantai Kuta Bali. Pasirnya yang putih dengan sedikit agak kecoklatan memenuhi pinggiran pantai yang indah ini.

Kejernihan air lautnya masih terjaga dengan baik, sehingga biota-biota laut disaksikan dengan jelas, apalagi saat air sedang surut. Suasana yang asri bisa dirasakan di Pantai Kuta-nya Jogja ini dan ditambah dengan kesejukannya karena cukup banyak pohon rindang tumbuh di area pantai. deburan ombak pantai semakin memberikan suasana yang nyaman saat berada di sini. Apalagi pemandangan pantai yang begitu menakjubkan. Oh ya, cek juga ulasan tentang Pantai Kukup.

Hal Menarik di Pantai Sepanjang Jogja

Jalan menuju Pantai Sepanjang Jogja terlihat masih baru dan kondisinya baik karena memang pantai ini tergolong pantai baru. Berbagai biota laut yang cantik bisa dengan mudah dijumpai di sini ketika air tengah surut. Berbagai macam kerang, ikan-ikan kecil sampai dengan runput laut bisa dijumpai. Jika ingin berenang, maka pastikan dalam kondisi ombak yang tidak terlalu tinggi agar tidak sampai membahayakan.

Nuansa pantai yang alami begitu dapat dirasakan di pantai ini. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya bangunan besar dan permanen di area pantai. Yang dapat dilihat hanya beberapa gubug tempat tinggal masyarakat setepat yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Pinggiran area pantai juga banyak berjajar tempat makan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Spot ini adalag tujuan yang tepat untuk menyantap aneka kuliner lezat ketika perut sedang lapar.

Pantai Sepanjang Jogja

Terdapat juga situs sejarah di tempat ini, yakni Banyusepuh yang berarti dipakai untuk membasuh. Diketahui tempat yang dulunya menjadi tempat mandi masyarakat tersebut kini sudah kurang terawat lagi serta sudah ditumbuhi oleh tanaman liar.

Keindahan dari Pantai Sepanjang Jogja dapat dinikmati baik pagi maupun sore menjelang malam. Sehingga menyaksikan keindahan sunrise ataupun sunset menambah daftar kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sepanjang. Jika suka bermain voli pantai, jadi pilihan yang tidak kalah seru juga untuk dilakukan bareng dengan teman-teman di pinggiran Pantai Sepanjang mengingat kalau pantai ini sangat panjang.

Fasilitas Pendukung dan Harga Tiket masuk Pantai Sepanjang

Begitu banyaknya hal menarik di Pantai Sepanjang juga masih dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung untuk semakin memudahkan dan membuat nyaman aktivitas pengunjung di ppantai. Beberapa fasilitasnya memang sangat umum yang diantaranya adalah toilet, lahan parkir dan kios-kios penjual makanan untuk mengisi perut yang sedang lapar.

Pantai Sepanjang Jogja adalah pilihan wisata yang tidak membutuhkan banyak banyak yang dikeluarkan. Anda hanya perlu mengeluarkan Rp10.000 saja untuk dijadikan sebagai tiket masuk dan juga Rp3.000 jika Anda datang menggunakan transportasi roda atau Rp5.000 jika datang dengan mobil.

Lokasi dan Akses

Pantai Sepanjang ada di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Jogja. Tidak jauh dari Pantai Drini dan Pantai Kukup. Rute untuk menuju ke pantai ini jika dimulai dari pusat Kota Jogja, silahkan menuju ke Piyungan, kemudian dilanjutkan ke Patuk hingga menuju Sambipitu dan Lanud TNI AU Gading. Setelah itu menuju Siyono hingga Wonosari ke Jalan Baron, baru menuju Timur ke arah pintu masuk Pantai Kukup dan ke Timur lagi. Sampailah di Pantai Sepanjang.

Untuk akses paling mudah menuju ke Pantai Sepanjang Jogja adalah dengan menggunakan motor. Kami, Jogja Rental Motor siap untuk membantu Anda. Tersedia berbagai merek motor yang bisa Anda sewa untuk digunakan sebagai transportasi menuju Pantai Sepanjang Jogja.