Select Page

Pantai Siung Yogyakarta memang kurang populer bagi wisatawan yang datang ke pantai untuk menikmati pemandangan, bermain air atau sekadar berswafoto. Tetapi sebaliknya bagi pecinta aktivitas panjat tebing baik dari dalam maupun luar negeri, pantai ini adalah rumah bagi mereka.

Pantai ini dikelilingi tebing-tebing karang yang menjulang, menjadi tempat yang diinginkan oleh pemanjat tebih untuk mencoba menaklukkannya. Ketangguhan dan kelincahan pemanjat tebing benar-benar akan teruji hingga mencapai puncak.

Perjalanan Pantai Siung Yogyakarta Menjadi Pusat Panjat Tebing

Sebelum tahun 2000, Pantai Siung Yogyakarta hanya pantai terlantar yang sepi dan jarang menjadi tujuan wisatawan. Namun setelahnya, banyak kelompok pecinta alam yang mengeksplorasi tebing-tebing di pantai ini. Mereka juga membuat jalur panjat tebing di lokasi ini. Aneka aktivitas outdoor dan olahraga rock climbing pun digelar di lokasi tersebut.

Akhirnya pada tahun 2005, secara resmi Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan Pantai Siung Yogyakarta sebagai tempat wisata khusus panjat tebing. Peresmian ini dibarengi dengan diadakannya ASEAN Climbing Gathering. Kompetisi level internasional ini diikuti oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Perancis, dan Jerman dengan menurunkan sebanyak 250 peserta.

Pantai Siung Yogyakarta

Pantai ini kemudian semakin populer, hingga melebihi Tebing Parangndog yang tak jauh dari Parangtritis. Setiap akhir pekan tempat wisata ini selalu dipadati berbagai kelompok pemanjat tebing yang berusaha menjelajah atau membuat jalur pemanjatan baru.

Saat ini sudah ada puluhan jalur panjat tebing di Pantai Siung. Jalur tersebut dipasangi pengaman permanen (hanger). Namun banyak juga tebing yang dikhususkan untuk pemanjat yang memasang peralatan pengaman sendiri.

Memanjat tebing di Pantai Siung Yogyakarta semakin terasa menantang dengan suara deburan ombak dan angin kencang yang menghempas. Tingkat kesulitan tebing terbagi menjadi beberapa level untuk pemanjat pemula hingga terlatih. Ketinggian tebing yang berkisar antara 5 hingga 10 meter menjadi tempat yang tepat untuk aktivitas sport climbing dan artificial climbing.

Jalur terfavorit di tebing ini adalah Pancaran Siung dan Kuda Laut. Bagi Anda yang penasaran dengan aksi memanjat tebing dan ingin mencobanya, bisa menghubungi agen tour yang menyediakan paket rock climbing di Siung.

Refreshing dan Camping Juga Tak Kalah Menarik

Selain aktivitas memanjat, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam pedesaan, ombak, dan hamparan pasir pantai yang menenangkan.

Para pemanjat biasanya memilih menginap di Pantai Siung Yogyakarta untuk memburu momen memanjat yang tepat. Waktu yang biasa dipilih yaitu pagi sebelum matahari terbit dan sore menjelang matahari terbenam. Di hamparan pasir yang luas, mereka mendirikan tenda dan ber-camping di sana. Wisatawan yang tidak memanjat pun boleh juga melakukan aktivitas camping. Tempat favorit untuk mendirikan tenda yaitu di sisi kanan pantai, dekat dengan tebing-tebing karang yang mampu melindungi terpaan angin laut yang kencang.

Pantai Siung Yogyakarta

Tebing dan batuan karang juga dimanfaatkan pengunjung untuk memasang hammock atau buaian. Sambil melihat aksi pemanjat tebing dan menikmati angin sepoi-sepoi, Anda bisa berbaring santai di atas hammock.

Salah satu titik yang menjadi pusat perhatian di pantai ini adalah batu karang berukuran raksasa di sebelah timur dan barat. Batu ini merupakan pembatas pantai dan merupakan asal usul penamaan pantai ini. Bentuknya yang menyerupai taring, sehingga disebut siung, yang kemudian menjadi nama Pantai Siung Yogyakarta.

Tiket dan Fasilitas

Harga tiket memasuki tempat wisata Pantai Siung Yogyakarta yaitu Rp5.000 per orang. Untuk Anda yang bercamping, dikenakan uang kebersihan sebesar Rp10.000 per rombongan, sedangkan untuk melakukan rock climbing tidak dikenakan biaya.

Fasilitas yang tersedia cukup memadai seperti tempat parkir, toilet umum, dan warung makan. Ada juga pondok yang berupa rumah panggung dengan kapasitas hingga 15 orang untuk beristirahat, terutama bagi pemanjat.

Cara Menuju ke Pantai Siung Yogyakarta

Pantai Siung Yogyakarta terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 80 km dari pusat kota Yogyakarta dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi selama 2,5 hingga 3 jam perjalanan. Rute yang bisa diikuti dari Yogyakarta ke Wonosari kemudian langsung ke Pantai Siung.

Anda bisa juga naik bus dari Terminal Giwangan sampai ke Terminal Wonosari. Dari terminal, naik angkutan umum yang menuju Jepitu, turun di pertigaan Pantai Siung. Selanjutnya bisa menggunakan jasa ojek untuk sampai ke pantai.

Meski demikian, mengendarai kendaraan sendiri adalah cara paling nyaman dan cepat untuk sampai ke Pantai Siung Yogyakarta. Jangan khawatir jika Anda tidak membawa kendaraan, kami menyediakan layanan sewa kendaraan bermotor dengan tarif bersahabat. Hubungi segera layanan kami, Jogja Rental Motor, yang merupakan layanan sewa motor di Jogja yang terpercaya. Segera hubungi untuk mendapatkan servis terbaik kami.