Select Page

Nama Pantai Sundak Yogyakarta terdengar unik karena kata sundak tidak terdapat pada kamus bahasa Indonesia maupun bahasa daerah. Ternyata nama ini mempunyai latar belakang kisah yang dapat dibuktikan dari sisi geologi.

Sejarah Pantai Sundak Yogyakarta

Sebelah barat pantai merupakan kawasan lapang yang terdapat masjid dan tempat parkir. Sementara di sebelah timur terdapat gua dari batu karang dengan ketinggian sekitar 12 meter. Di dalam gua, Anda bisa menemukan sumur air tawar alami yang masih digunakan penduduk setempat.

Sebelum tahun 1930-an kawasan di atas masih terendam lautan. Seiring proses geologi yang terjadi, air menyusut hingga membentuk daratan yang lebih luas. Apabila musim hujan tiba, air dari daratan mengalir ke laut. Sehingga di daratan sebelah timur pantai terbentuk aliran air seperti sungai. Namun ketika musim kemarau, aliran air tersebut menghilang dan tertutup oleh pasir. Fenomena ini dikenal sebagai “wedibedah” oleh masyarakat setempat yang artinya pasir terbelah.

Sekitar tahun 1970-an, ada kejadian menarik antara seekor anjing yang sedang berjalan-jalan di pantai dan mencari makan ke dalam gua. Di tempat itu, anjing menjumpai landak laut dan mengejarnya. Terjadilah perkelahian antara keduanya yang kemudian menyebabkan landak dimakan separuh tubuhnya oleh anjing. Kejadian ini kemudian diketahui warga, sehingga sejak saat itu nama Pantai Wedibedah berganti nama menjadi Pantai Sundak. Jadi Sundak merupakan akronim dari kata asu (anjing) dan landak.

Perkelahian ini juga membawa berkah ketika sang pemilik mendapati anjingnya basah kuyup setelah keluar dari gua. Artinya di dalam gua terdapat sumber mata air yang kemudian diselidiki kebenarannya. Akhirnya sumber air tawar pun ditemukan dan menjadi sumber kehidupan bagi warga yang sumurnya telah terendam air laut.

Asyiknya Ber-camping dan Bermain di Pantai

Selain cerita asal usul nama uniknya, Pantai Sundak Yogyakarta juga menawarkan keindahan malam yang boleh dinikmati wisatawan. Pantai yang luas memang kondusif untuk berkemah atau menikmati malam dengan membakar jagung atau barbeque. Jika malas memasak sendiri atau tidak membawa perlengkapan, Anda juga bisa membeli makanan dari warung-warung di sekitar. Keramahan warga juga menjadi nilai lebih untuk Anda yang suka berinteraksi dan mencari informasi tentang kehidupan di tempat ini.

Pantai Sundak Yogyakarta

Di Pantai Sundak Yogyakarta, Anda bisa menemukan spot terbaik menyaksikan matahari terbit. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih luas dengan tebing dan batuan karang yang berdiri gagah. Nikmati luasnya pantai dengan bermain voli, berkejaran atau permainan berkelompok bersama keluarga dan sahabat seperti gobag sodor atau benteng.

Cara Mencapai Pantai Sundak

Pantai Sundak Yogyakarta berada satu jalur dengan Pantai Krakal dan Pantai Kukup yang terkenal keindahannya. Lokasi tepatnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Untuk menuju ke pantai ini, Anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak tersedia kendaraan umum untuk sampai ke lokasi. Jalanan berliku dengan pemandangan perbukitan kapur menjadi sajian selama perjalanan untuk Anda.

Pantai Sundak Yogyakarta

Jika berangkat dari Yogyakarta, Anda bisa melewati rute ke arah Patuk, menuju Wonosari, kemudian masuk ke Tepus dan ikuti papan tanda petunjuk ke Pantai Sundak Yogyakarta.

Untuk Anda yang berangkat dari Solo, bisa melewai Semin, Karangmojo, dilanjutkan ke Wonosari lalu ke Tepus. Berhati-hatilah selama berkendara karena banyak terdapat tukungan tajam dan jalan yang naik turun serta berkelok.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Tiket masuk ke Pantai Sundak Yogyakarta sangat murah, hanya perlu membayar retribusi untuk pantai-pantai di sepanjang pesisir selatan Gunungkidul sebesar Rp10.000. Di pantai, ini hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp5.000.

Fasilitas yang ditawarkan cukup bagus dan terawat. Ada pondok-pondok atau gazebo untuk bersantai di tepi pantai setelah lelah berjalan-jalan dan bermain. Tersedia juga warung-warung yang menyediakan menu kuliner lokal yang nikmat. Di Pantai Sundak Yogyakarta, Anda tidak diperbolehkan berenang karena ombaknya cukup ganas dan berbahaya.

Bagi Anda yang berwisata di Pantai Sundak Yogyakarta terutama ber-camping, diimbau untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan demi kenyamanan bersama. Jangan khawatir jika tidak membawa kendaraan sendiri, karena Jogja Rental Motor ada untuk Anda. Hubungi kami untuk memperoleh layanan sewa motor di Jogja terbaik.