Select Page

Pantai Timang Yogyakarta pernah menjadi lokasi pengambilan gambar Running Man, variety show terpopuler dari Korea Selatan, Oktober 2017 lalu. Acara yang ditayangkan di stasiun televisi SBS ini mempunyai penggemar yang cukup besar dari Indonesia.

Pantai Timang Yogyakarta yang dibuka sebagai tempat wisata sejak Maret 2017 mempunyai daya tarik lain yaitu pasir putihnya. Bagian timur pantai juga mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Sementara di bagian barat, berdiri kokoh batu karang di tengah laut yang bernama Pulau Timang.

Pantai Timang Yogyakarta juga mempunyai gardu pandang yang bisa dimanfaatkan untuk melihat keindahan Laut Selatan dengan ombaknya yang ganas.

Menikmati Lobster di Pantai Timang Yogyakarta

Jika Anda penggemar kuliner lobster, Pantai Timang Yogyakarta adalah salah satu lokasi yang wajib dikunjungi ketika berwisata ke Gunungkidul. Sampai di lokasi, segeralah mencari pemandu wisata untuk menunjukkan cara mendapatkan lobster.

Ada paket wisata berburu lobster yang ditawarkan untuk rombongan wisatawan. Dengan membayar sebesar Rp12 juta untuk 20 orang, pengunjung bisa mendapatkan 25 kilogram lobster untuk dinikmati. Paket ini termasuk menjelajahi Pulau Timang dan menikmati panorama alam yang indah dari atas pulau karang ini.

Pantai Timang Yogyakarta

Pilihan kedua, Anda bisa mengunjungi rumah pengelola kawasan wisata yang mempunyai kolam penangkaran lobster. Beliau adalah bapak Siswanto, yang juga siap memasakkan lobster untuk pengunjung dan menyediakan menu pelengkapnya seperti nasi, lalapan, sambal, kerupuk, rempeyek, dan teh hangat.

Harga lobster yang ditawarkan oleh pak Siswanto berkisar antara Rp250.000 hingga Rp350.000 per kilogram pada hari biasa. Sementara di hari-hari besar, harganya bisa mencapai Rp800.000 per kilogramnya. Satu kilogram bisa berisi antara tiga sampai tujuh ekor lobster, tergantung ukuran dan berat per ekornya.

Memacu Adrenalin dengan Bergondola ke Pulau Timang

Pantai Timang Yogyakarta merupakan satu-satunya pantai di Gunungkidul yang menawarkan fasilitas kereta gantung. Kereta gantung atau gondola ini menghubungkan pantai dengan pulau karang yang ada di tengah laut. Kereta gantung atau gondola itu melintas di atas permukaan laut yang ombaknya menggila. Bisa dibayangkan betapa ngeri-ngeri sedap pengalaman naik gondola ini.

Pantai Timang Yogyakarta

Batu karang yang berada di tengah laut tersebut merupakan ikon Pantai Timang Yogyakarta. Di lokasi ini biasanya nelayan mencari lobster untuk dijual. Awalnya, kereta gantung tradisional itu juga hanya digunakan oleh nelayan yang akan menyeberang. Namun lama kelamaan, keberadaan sarana ini dikenal masyarakat luas hingga memancing wisatawan untuk mencobanya. Akhirnya ide membuka kawasan ini menjadi tempat wisata pun tercetus. Ketinggian kereta gantung ini sekitar 9 sampai 11 meter dari permukaan laut. Meluncur di atasnya pasti akan memacu adrenalin Anda.

Bagi wisatawan yang terlalu takut untuk menyeberang dengan gondola, dapat menggunakan jembatan gantung sepanjang 120 meter dengan ketinggian 12 meter di sebelahnya. Deburan ombak dan angin kencang jadi pengalaman menarik ketika melintasi jembatan.

Harga Tiket dan Fasilitas di Pantai Timang

Tiket masuk ke tempat wisata Pantai Timang Yogyakarta hanya sebesar Rp5.000 termasuk biaya parkir motor. Sementara tarif menyeberang dengan gondola ke batu karang adalah Rp150.000 dan jembatan gantung Rp100.000.

Fasilitas di Pantai Timang semakin ditingkatkan seiring semakin populernya tempat wisata ini. Listrik tenaga surya telah dikembangkan, sehingga dapat dimanfaatkan untuk menerangi kawasan pantai di malam hari. Jalan menuju pantai pun telah diperbaiki demi kemudahan akses dan kenyamanan pengunjung.

Rute Menuju Pantai Timang Yogyakarta

Pantai Timang Yogyakarta berada di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 50 km, dapat ditempuh dalam waktu 2 sampai 2,5 jam perjalanan. Rute dariĀ  Yogyakarta yaitu menuju Wonosari, dilanjutkan mengarah ke Pantai Baron. Sebelum sampai ke Baron, belok kiri ke arah Pantai Siung. Sesampai di Pasar Dakbong, ikuti petunjuk arah ke Pantai Timang Yogyakarta.

Mengunjungi Pantai Timang Yogyakarta memang lebih mudah dan cepat dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun bagi Anda yang tidak membawa kendaraan tidak perlu risau. Kami menyediakan jasa rental kendaraan untuk Anda dengan harga terjangkau dan layanan yang tidak mengecewakan. Hubungi kami di Jogja Rental Motor untuk mendapatkan kendaraan yang Anda butuhkan agar dapat mengeksplorasi Yogyakarta dan sekitarnya dengan nyaman.