Select Page

Pantai Trisik Yogyakarta berada satu garis dengan Pantai Kwaru, Pantai Baru, dan Pantai Pandansari di pesisir selatan Kabupaten Kulon Progo. Pantai Trisik mempunyai ciri khas berupa kawasan pedesaan yang masih asri dengan sibuknya aktivitas nelayan. Pantai ini berada di pinggir jalan raya sehingga dapat dijangkau dengan mudah oleh kendaraan.

Aktivitas Menarik di Pantai Trisik Yogyakarta

Area persawahan terbentang di sepanjang jalan menuju Pantai Trisik Yogyakarta menjadi pemandangan yang sangat menarik. Hamparan padi yang menghijau bisa menjadi latar belakang foto memancarkan kesegaran. Untuk mendapatkan keindahan panorama ini, datanglah ke sini sekitar bulan Mei hingga Juli.

 

Tidak banyak kegiatan atau permainan yang dapat dilakukan di pantai ini. Pengunjung umumnya hanya berjalan-jalan di sekitar pantai atau berfoto dengan latar belakang laut dan pantai. Ombak di pantai ini sangat ganas dan besar sehingga pengunjung dilarang mandi atau bermain air hingga ke tengah perairan. Suasana teduh dan nyaman di pantai ini bisa Anda dapatkan jika berkunjung pada sore atau pagi hari.

Interaksi Dengan Nelayan dan Melihat Konservasi Penyu

Pantai Trisik Yogyakarta sebenarnya merupakan bagian dari kawasan pedesaan di pesisir selatan. Di tempat ini Anda dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat yang beraktivitas di sekitar pantai. Masyarakat di sekitar mayoritas adalah nelayan, sehingga di tempat ini pun terdapat tempat pelelangan ikan. Jika ingin membeli ikan segar dengan harga yang cukup murah, belilah langsung dari tempat pelelangan ikan ini. Selain itu ada juga konservasi penyu di pantai ini. Namun area tersebut belum digarap sebagai tempat wisata.

Pantai Trisik Yogyakarta

Masyarakat sekitar juga melakukan aktivitas membuat kerajinan dari enceng gondok. Sebelum diolah menjadi sandal, tas, dan barang kerajinan lain, tanaman ini dikeringkan di bawah sinar matahari di pantai. Bahan baku enceng gondok didatangkan dari Ambarawa, kemudian diproses di tempat ini.

Cocok Untuk Refreshing Dari Hiruk Pikuk Kota

Jika Anda mencari tempat yang sunyi dari hingar bingar keriuhan kota, pantai ini adalah tempat yang tepat. Hanya rumah-rumah penduduk dan gubug-gubug kecil yang dapat Anda temukan di sekitar tempat ini.

Pantai Trisik Yogyakarta

Pesona lain Pantai Trisik Yogyakarta adalah banyaknya burung bermigrasi yang singgah di sini. Burung-burung seperti trinil rawa, trinil pantai, kedidi leher merah, dan cerek kalung kecil beterbangan di angkasa. Jenis burung lain seperti walet sapi dan kuntul kerbau juga mendiami kawasan pantai ini.

Jika ingin menyaksikan upacara sedekah laut di pantai ini, kunjungilah pada tanggal 1 Sura penanggalan Jawa atau 1 Muharram setiap tahun. Tradisi ini dilakukan setiap tahun sebagai wujud syukur dan memohon keselamatan kepada Tuhan bagi nelayan dan masyarakat sekitar.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Masuk ke Pantai Trisik Yogyakarta tidak perlu membayar tiket masuk ataupun retribusi dan parkir. Jika berkunjung ke sini kendaraan dapat diparkir di dekat pantai.

Warung makan berupa gubug-gubug kecil hanya menjual makanan dan minuman pada hari Minggu atau hari libur. Maka, jika Anda ingin mengunjungi Pantai Trisik pada hari biasa sebaiknya membawa bekal sendiri.

Rute Menuju ke Pantai Trisik

Pantai Trisik Yogyakarta berada di Kecamatan Brosot, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja jaraknya sekitar 37 km. Ada beberapa rute yang bisa dilalui untuk sampai ke tempat wisata ini. Namun, rute paling mudah diikuti menuju pantai ini adalah melewati Jalan Bantul dari Yogyakarta. Sampai di perempatan Palbapang, belok ke arah timur dan lurus hingga melintasi jembatan Kali Progo. Ikuti petunjuk arah ke Pantai Trisik Yogyakarta hingga sampai di lokasi.

Tidak ada transportasi umum menuju ke pantai ini, sehingga Anda harus mengendarai kendaraan sendiri. Ada dua rute alternatif ke Pantai Trisik Yogyakarta yaitu melewati jalan di pinggir persawahan dan jalan yang berdekatan tambak milik warga.

Menjelajahi alam Kabupaten Kulon Progo hingga ke Pantai Trisik Yogyakarta dengan sepeda motor memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan kendaraan yang lain. Semilir angin yang segar dapat Anda rasakan sepanjang perjalanan. Kami menawarkan jasa sewa sepeda motor yang nyaman dengan tarif bersahabat. Hubungi Jogja Rental Motor untuk mendapatkan layanan terbaik kami.