Select Page

Pantai Wediombo Yogyakarta merupakan satu dari sekian lokasi wisata pantai yang dimiliki Gunungkidul. Pantai ini bisa dikatakan masih perawan karena belum tercemar oleh limbah dan polusi. Jaraknya yang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta menjadikan tempat wisata ini destinasi pelarian dari kesibukan yang tepat.

Pantai ini merupakan salah satu dari 13 geosite yang masuk ke dalam Gunung Sewu UNESCO Global Geopark yang terus dikembangkan.

Aktivitas Paling Asyik di Pantai Wediombo Yogyakarta

Pantai ini merupakan salah satu favorit para pemancing. Adanya Bukit Karang menjadi spot paling disukai oleh pemancing untuk menguji kemampuan bergelut dengan ikan bersenjatakan joran. Ikan-ikan seperti kerapu, tenggiri, ikan cucut, dan kakap batu bisa didapatkan pemancing jika sedang beruntung.

Pantai Wediombo yogyakarta

Berenang di laut tidak disarankan karena ombaknya sangat besar. Sebagai alternatif, Anda bisa berendang di kolam alami yang tersembunyi. Pantai Wediombo Yogyakarta mempunyai kolam terselubung di balik gugusan karang. Kolam berkedalaman 1,5 meter ini airnya sangat jernih dan tenang, sehingga sangat cocok untuk mandi, berenang, dan berendam.

Satu lagi daya pikat Pantai Wediombo Yogyakarta yaitu ombaknya yang sangat mendukung untuk surfing, seperti di Pantai Plengkung Banyuwangi. Berselancar di pantai ini dapat dilakukan oleh pemula maupun mahir. Jika Anda ingin belajar mengendalikan papan di atas alunan ombak, bisa menyewa instruktur berpengalaman berikut papan surfingnya. Mereka merupakan pemuda setempat yang mencintai olahraga surfing. Dengan membayar Rp100.000 Anda akan mendapat pengalaman menyenangkan bergelut dengan ombak serta foto-foto aksi yang mengesankan.

Olahraga Pantai Hingga Snorkeling

Tidak lengkap jika tidak bermain pasir di pantai ini. Hamparan pasir putihnya sangat menggoda untuk bermain kejar-kejaran atau voli pantai. Apabila hanya ingin duduk bersantai, Anda juga bisa menyewa payung pantai yang bisa digunakan untuk dua hingga tiga orang.

Snorkeling juga jadi salah satu kegiatan yang disukai oleh wisatawan. Air laut yang jernih dengan kekayaan terumbu karang dan biota laut adalah daya tarik bagi pengunjung. Bagi penggemar olahraga ini, jangan lewatkan dua spot populer yaitu di dekat pantai dan di tengah laut. Namun untuk pergi ke tengah laut Anda harus menyewa perahu terlebih dahulu.

Pantai Wediombo yogyakarta

Posisi Pantai Wediombo Yogyakarta menghadap agak condong ke barat, tidak seperti pantai lain yang menghadap ke selatan. Di bulan-bulan tertentu, Anda dapat menyaksikan matahari tenggelam sempurna tepat di tengah garis horizon. Untuk pemburu sunset, jangan lewatkan juga keelokan matahari tenggelam di Pantai Wediombo Yogyakarta ini.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas yang disediakan di Pantai Wediombo Yogyakarta ini sangat lengkap. Dengan tiket masuk Rp5.000 Anda bisa bersantai dan bermain sepuasnya di pantai ini. Untuk memarkir sepeda motor dikenakan Rp2.000 hingga Rp4.000 sementara mobil Rp5.000 hingga Rp10.000. Sewa perlengkapan surfing Rp100.000 sudah termasuk papan surfing, pemandu, dan foto. Jika hanya menyewa papan selancar saja, dipatok tarif Rp50.000.

Sewa perlengkapan snorkeling Rp30.000 untuk area pantai dan Rp80.000 untuk snorkeling di tengah laut termasuk sewa perahu. Untuk snorkeling di tengah laut ini minimal 6 orang sekali berangkat. Ada juga motor trail yang bisa disewa dengan tarif Rp100.000. Masih ada lagi fasilitas yang bisa Anda sewa jika memerlukan yaitu payung pantai Rp15.000 dan tenda berkapasitas 4 orang Rp35.000.

Rute Termudah ke Lokasi

Pantai Wediombo Yogyakarta terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitar 73 km dari pusat kota Yogyakarta. Rute menuju tempat wisata ini dapat ditempuh melalui Wonosari ke arah timur hingga melewati Pasar Wonosari, kemudian mengarah ke Pantai Baron. Selanjutnya langsung menuju ke arah Pantai Wediombo dan Pantai Indrayanti. Ikuti petunjuk arah hingga sampai di Pasar Jepitu, ambil arah kanan di pertigaan hingga mencapai tempat parkir Pantai Wediombo Yogyakarta.

Perjalanan ke Pantai Wediombo Yogyakarta sangat mudah dan nyaman dengan mengendarai kendaraan sendiri. Namun tidak perlu khawatir jika tidak membawanya dari tempat tinggal Anda, ada kami,  Jogja Rental Motor yang bisa menjadi solusi. Kami menawarkan sewa kendaraan dengan tarif bersahabat. Hubungi kami segera untuk layanan sewa kendaraan terbaik di Yogyakarta.