Select Page

Pasar Beringharjo telah menjadi tujuan wisata belanja terbaik di Jogja. Menjadi pasar terbesar dan terlengkap di Kota Gudeg, para pengunjung bisa menjumpai aneka macam barang maupun bahan di sini. Sehingga rasanya kurang lengkap kalau berkesempatan datang ke Jogja, tapi tidak mampir di Pasar Beringharjo. Menariknya lagi adalah, Pasar Beringharjo Jogja memiliki catatan sejarah yang tak boleh dilupakan begitu saja.

Sejarah Pasar Beringharjo Jogja, Sejak Jaman Belanda

Dulunya Pasar Beringharjo Jogja bukanlah sebuah tempat perbelanjaan yang punya bangunan permanen. Hanya berupa tanah kosong saja yang diisi dengan beberapa pedukuhan. Kemudian pada tahun 1876 mulai muncul keberadaan pasar dengan adanya bangunan berupa los memanjang dari Utara hingga Selatan. Juga di bagian barat terdapat jalan yang sekarang ini adalah Jalan Malioboro dan Jalan Ahmad Yani.

Pasar Beringharjo Jogja

Kemudian baru pada tahun 1925 berdiri bangunan permanen dari Pasar Beringharjo. Nama pasar diberikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dari susunan dua kata, yaitu Bering dan Harjo. Bering berarti adalah pohon beringin dan Harjo adalah memberikan kesejahteraan. Dengan kata lain, pemberian nama tersebut diharapkan Pasar Beringharjo Jogja bisa menjadi tempat yang mengayomi layaknya pohon beringin yang rindang.

Bangunan dari Pasar Beringharjo punya gaya khas artdeco. Pasar tertua di Jogja yang juga sebutan Pasar Gedhe ini adalah satu diantara 4 pilar penting punya Jogja. Pilar tersebut adalah Keraton Yogyakarta sebagai pusat pemerintahan, Alun-alun Utara sebagai pusat ruang publik, Masjid Gede sebagai pusat beribadah, dan Pasar Beringharjo sendiri yang sebagai pusat kegiatan ekonomi.

Pada masa kolonial, Pasar Beringharjo menyandang julukan sebagai Eender Mooiste Passer Op Java alias pasar paling indah yang ada di Jawa. Pasar ini berdiri di atas tanah seluas 2.5 hektare dengan diisi oleh ribuan pedagang dan ribuan los.

Apa Saja yang Dijual di Pasar Beringharjo?

Merupakan pasar terbesar di Jogja, tentunya yang dijual di Pasar Beringharjo ada begitu banyak dan lengkap. Mulai dari batik, baik kain maupun baju bisa jumpai di sini. Batik menjadi barang yang dijual paling dicari oleh pengunjug Pasar Beringharjo Jogja. Motif batik yang ada pun sangat baragam. Kalau untuk model baju tidak perlu khawatir, model-model yang ada telah disesuaikan dengan trend fashion terbaru.

Pasar Beringharjo Jogja

Selanjutnya yang dapat ditemukan pengunjung di Pasar Beringharjo adalah kelompok rempah, tanaman kering, bahan jamu. Ada juga bahan alami yang digunakan untuk perawatan kecantikan seperti minyak esensial, minyak zaitun, parfum dan lainnya lagi. Menariknya adalah, bahan rempah ataupun bahan alami untuk perawatan kecantikan tersebut bisa diracik langsung di tempat.

Kuliner adalah yang selanjutnya bisa ditemukan di Pasar Beringharjo Jogja. Tidak lengkap kalau belanja tapi sekalian berburu kuliner saat datang ke pasar terbesar di Jogja ini. Ada banyak penjual makanan lezat yang khas dari Jogja. Mulai dari gudeg, sup kembang waru, nasi empal, soto pithes dan masih banyak lagi lainnya. Jika ingin makanan yang lebih ringan, di Pasar Beringharjo juga dapat dijumpai dengan mudah.

Jam Buka Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo buka setiap hari dari mulai petang sampai petang lagi dan memang tak pernah sepi pengunjung. Nah, khusus bagi Anda yang ingin berbelanja batik ke Pasar Beringharjo Jogja, silakan datang pada rentang waktu antara jam 08.00 WIB hingga 17.00 WIB karena umumnya para pedagang batik di sini hanya buka dalam jam tersebut. Sedangkan kalau harga tiket tentunya tidak ada karena ini merupakan pasar. Cukup sediakan uang untuk berbelanja saja.

Lokasi dan Akses

Lokasi tepat dari Pasar Beringharjo adalah di Jalan Ahmad Yani Nomor 1, Kota Jogja. Karena berada di tengah kota tentu aksesnya mudah dari arah mana saja. Jika dari arah Malioboro, silakan terus menuju ke arah Selatan hingga di pertigaan Ngejaman dan kemudian belok ke kiri. Tak jauh dari situ, hanya 50 meter saja sudah bisa dijumpai Pasar Beringharjo Jogja.

Nah, kalau ingin akses yang jauh lebih mudah, silakan menyewa motor yang kami sediakan di Jogja Rental Motor. Dengan membawa motor sendiri saat datang ke Pasar Beringharjo Jogja, tentu akan memudahkan untuk menuju ke tempat-tempat menarik di sekitarnya untuk belanja ataupun menyantap kuliner.