Select Page

Ada pasar tradisional di Yogyakarta yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Tidak hanya membeli, konsep pasarnya memungkinkan Anda untuk berwisata dan bersantai di sana. Apalagi jika Anda adalah pecinta tanaman, atau pecinta hewan, Anda pasti tidak akan bosan berlama-lama di pasar tradisional itu. Pasar tradisional yang dimaksud adalah Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta atau Pasty Jogja.

Sejarah Pasar Pasty Jogja

Pasty Jogja berdiri pada lahan taman seluas 30.000 meter persegi. Jumlah pedagang di sana mencapai 133 los dengan berbagai macam satwa yang dijual, juga tanaman hias yang menawan. Pada bagian depan, terdapat gerbang yang bertuliskan nama pasar berikut akronimnya sebagai penanda.

Pasty Jogja terbagi ke dalam dua area. Area pertama adalah untuk kawasan penjual satwa, sedang area kedua adalah untuk kawasan penjual aneka tanaman hias. Sekat di antara kedua area tersebut Jalan Besar Bantul. Sehingga, di awal masuk area, Anda sudah akan tahu tanaman hias atau satwa yang akan Anda temui di dalam pasar tersebut.

Jika Anda ingin melihat atau membeli aneka macam satwa di Pasty Jogja, Anda bisa masuk ke area pertama yang berada di sebelah timur Jalan Bantul. Sebaliknya, jika Anda ingin melihat atau membeli tanaman hias, Anda bisa masuk di pasar bagian barat Jalan Bantul.

Menariknya, biar pun Pasty Jogja adalah pasar tradisional, Anda tidak perlu khawatir dengan jalan becek, area yang kumuh dan bau, atau gang-gang yang sempit. Konsep Pasar Pasty adalah taman pasar tradisional. Penataan pasar yang rapi dan gang antar los yang lapang, membuat pasar ini serupa taman sekaligus memperjualbelikan apa yang ada di dalamnya.

Berburu Koleksi Satwa Cantik di Pasty Jogja

Area pasar satwa di Pasty Jogja dikelompokkan berdasarkan jenis satwa yang dijual. Pengelompokan ini akan memudahkan Anda yang tengah berburu satwa tertentu di Pasar Pasty Jogja. Aneka jenis burung dan ragam kicaunya ada pada satu area. Aneka hewan peliharaan seperti anjing dan kucing juga menempat pada area berbeda.

Pasty Jogja

Burung yang dijual di pasar ini tidak terbatas pada burung-burung berkicau. Burung hias yang unik semacam merpati keriting, atau unggas unik seperti ayam dengan bulu terbalik, juga dijual di sini. Anda bahkan bisa membeli sangkarnya sekalian tanpa perlu berpindah ke tempat lain.

Hewan lain yang juga dijual adalah kelinci, reptil semacam iguana dan ular piton, juga ikan-ikan cantik dengan berbagai ukuran. Ikan aligator pun ada jika Anda ingin membelinya.

Berburu Tanaman Hias

Pasty Jogja

Beralih ke bagian barat Jalan Bantul, Anda akan dimanja oleh aneka tanaman hias yang cantik. Kaktus-kaktus kecil yang imut, bunga mawar, dan berbagai jenis anggrek ditata dalam bangunan semi permanen. Anda pasti curiga pada diri Anda untuk tidak memboyong tanaman hias dari sana.

Fasilitas di Pasty Jogja

Pasty Jogja memang dikonsep sebagai tempat wisata. Tentu saja, fasilitas seperti musala, toilet, dan toko makanan tersedia di sana. Apalagi, gazebo-gazebo kecil untuk bersantai dan area bermain juga ada. Uniknya, klinik hewan dan area pertunjukan untuk satwa juga memiliki tempat sendiri. Bagaimana, sayang bukan jika ke Yogyakarta tapi tidak mengunjungi Pasty Jogja?

Di Mana Lokasi Pasty Jogja?

Secara alamat, Pasar Pasty beralamat di Jalan Bantul KM 1 nomor 141 Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta. Untuk menuju ke sana, Anda bisa lewat Jalan Brigjen Katamso ke arah Selatan, jika Anda berada di Pusat Kota Yogyakarta. Begitu masuk Jalan Parangtritis, pada perempatan, ambil arah barat yang mengarah ke Jalan Tirtodipuran dan bersambung ke Jalan Suryodiningratan.

Terus ke barat, Anda akan sampai pada Jalan Bantul. Tinggal pacu saja kendaraan Anda ke arah selatan. Tidak sampai satu kilo, Anda sudah akan menemukan lokasi Pasty Jogja. Terdapat gapura dengan papan besar bertuliskan “PASTY┬áPasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta” sebagai penanda. Jadi Anda akan tahu bahwa itu Pasar Pasty atau bukan.

Melihat rute tersebut, mungkin Anda ingin lebih leluasa pergi ke Pasty Jogja tanpa perlu memperhatikan jadwal kendaraan umum ke arah Bantul. Untuk itu, kami bisa memberi solusi. Kami menyediakan jasa rental motor yang akan memudahkan Anda berwisata di Yogyakarta dan sekitarnya. Informasi tentang kami bisa Anda akses di Jogja Rental Motor. Kami tunggu order Anda.