Select Page

Yogyakarta merupakan daerah yang sangat kaya akan potensi wisata. Mulai dari wisata budaya, wisata edukasi, wisata religi, hingga wisata alam. Salah satunya adalah adalah wisata alam Puncak Suroloyo Yogyakarta yang berada di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Puncak berketinggian 1.019 mdpl ini merupakan objek wisata di Perbukitan Menoreh yang asri, serta menyimpan banyak keindahan dan kisah luar biasa di dalamnya.

Nikmati Pemandangan Empat Puncak Gunung dari Ketinggian Puncak Suroloyo Yogyakarta

Pemandangan Kota Yogyakarta dan sekitarnya dari ketinggian dapat Anda saksikan di atas puncak bukit ini. Puncak Suroloyo Yogyakarta mempunyai beberapa puncak yang menyuguhkan keindahan panorama berbeda.

Dari puncak tertinggi di Menoreh ini, stupa- stupa Candi Borobudur terlihat sangat megah. Puncak-puncak gunung tertinggi di Jawa Tengah juga terlihat jelas, yaitu Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, dan Ungaran.

Puncak Suroloyo Yogyakarta

Terdapat tiga buah pendopo di tempat ini yang dibangun pada ketinggian berbeda. Di pendopo pertama, pemandangan alam Kulon Progo yang asri dan menghijau terlihat jelas. Setelah puas mengamati keindahan yang disuguhkan di sini, lanjutkan ke pendopo kedua yang terletak di atasnya. Dari pendopo bernama Sariloyo ini terlihat Gunung Sumbing dan Sindoro, serta Candi Borobudur, jika cuaca sedang cerah.

Di puncak tertinggi, ada Pendopo Kaendran yang merupakan spot paling tepat untuk mengamati panorama matahari terbit atau tenggelam dengan latar belakang gunung dan perbukitan.

Di lokasi ini juga berdiri sebuah patung Bathara Guru, yang merupakan penggambaran Dewa Siwa yang sedang menaiki Lembu Nandini.

Apabila cuaca sedang agak mendung, Anda akan mendapati pemandangan gunung dan candi di bawah diselimuti kabut. Suasana ini membuat Anda seakan ada di atas awan.

Pada waktu tertentu, di Puncak Suroloyo Yogyakarta juga digelar upacara adat jamasan pusaka Tombak Kyai Manggala Murti dan Songsong Manggala Dewa. Tempat tepatnya di Sendang Kawidodaren yang jaraknya dari puncak sekitar 300 meter.

Berkunjung ke puncak ini paling tepat dilakukan ketika peralihan musim hujan ke musim kemarau. Tanpa kabut, Anda dapat melihat pemandangan di bawah dengan lebih jelas. Panorama matahari terbit dan tenggelam akan terlihat sempurna sekitar bulan Juni hingga September.

Kisah Tersembunyi di Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo Yogyakarta dipercayai merupakan petilasan Raden Mas Rangsang yang kemudian bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. Di puncak ini beliau melakukan pertapaan setelah mendapat wangsit ketika sedang bertapa di sebuah tempat di Perbukitan Menoreh.

Puncak Suroloyo Yogyakarta

Peristiwa ini dikisahkan dalam Serat Cebolek yang ditulis oleh Raden Ngabehi Yasadipura I. Dari wangsit yang diperoleh, Mas Rangsang harus berjalan sejauh 40 km dari Kotagede ke arah barat yaitu Puncak Suroloyo ini.

Puncak Suroloyo juga dipercaya merupakan kediaman Ki Semar dan para Punakawan serta Pandawa, karena puncak tertinggi menjadi tempat berdiam Bathara Guru.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Tiket masuk ke tempat wisata ini cukup murah, hanya sebesar Rp5.000 per orang. Namun, untuk menyewa pemandu dari pertigaan Bendo hingga Puncak Suroloyo Anda pelu membayar Rp50.000 untuk berangkat dan pulang.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola sudah memadai seperti toilet umum dan warung makan. Ada juga villa dan homestay untuk Anda yang ingin menginap di tempat ini. Tak ketinggalan juga area kemah yang lapang dan nyaman.

Lokasi dan Rute

Puncak Suroloyo Yogyakarta berlokasi di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Dari Yogyakarta, Anda dapat memilih melewati Jalan Godean menuju jembatan Kali Progo. Sampai perempatan Nanggulan, belok ke arah Dekso, lalu lanjutkan ke arah Samigaluh. Tak seberapa jauh dari sana Anda akan menemukan tempat wisata Puncak Suroloyo.

Selain rute di atas, Anda juga dapat memilih rute dari Jalan Magelang melintasi Tempel dan Kalibawang sampai ke Pasar Jagalan. Dari tempat ini Anda tinggal mengikuti petunjuk jalan yang disediakan.

Menggunakan kendaraan pribadi akan mempermudah Anda melakukan perjalanan ke Puncak Suroloyo Yogyakarta ini. Namun, tidak perlu khawatir apabila Anda datang ke Yogyakarta dengan bus, kereta api, atau pesawat terbang. Jogja Rental Motor dapat memberikan solusi berkendara mudah di kota ini dengan layanan sewa sepeda motor. Hubungi kami untuk mendapatkan kendaraan sewa dengan harga terjangkau dan layanan terbaik.