Select Page

Jogja dengan segala keindahannya, memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal mupun mancanegara. Selain wista alam, pantai, dan sejarahnya; ada juga wisata malam yang tidak kalah cantik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Taman Lampion Jogja yang berada di Monjali (Monumen Jogja Kembali). Taman Lampion ini juga sering disebut sebagai Taman Pelangi karena keindahan warna-warni cahaya dari lampu lampionnya.

Sejarah dan Serba-serbi Keindahan Taman Lampion Jogja

Dahulu, taman yang berada di Monjali ini belumlah seindah dan secantik sekarang. Atau bisa dikatakan masih berupa taman biasa sebagai penunjang objek wisata sejarah Monumen Jogja Kembali. Selain itu, taman yang sekarang terkenal dengan keindahan lampionnya ini dahulu hanya dibuka pada siang hari saja. Setelah diresmikan pada tanggal 17 Desember 2011 lalu, Taman Lampion mulai dibuka untuk umum hingga malam hari.

Berbagai keseruan bisa dilakukan oleh wisatawan di objek wisata Taman Lampion Jogja. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut.

Spot Foto Keren Berlatar Cahaya Lampion yang Berwarna-Warni

Di Taman Lampion ini wisatawan dapat menikmati keindahan warna-warni lampion bak pelangi setelah hujan. Lampu yang dulunya berfungsi sebagai penerangan, kini diubah menjadi ornamen-ornamen cantik yang unik, menarik dan romantis. Bentuk Lampu Lampion pun beraneka macam, diantaranya menyerupai ikan, dinousaurus, pohon, beruang, bunga, gapura-gapura cantik, kehidupan bawah laut dan lain sebagainya.

Bentuk lampion yang menarik dan begitu artistik inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengambil foto dengan latar yang berbeda. Tidak heran jika salah satu tujuan utama wisatawan berkunjung ke Taman Lampion Jogja ini hanya untuk mengabadikan moment dengan objek berbeda dibawah gemerlap warna-warni lampu lampion.

Menjajal Berbagai Wahana yang Tersedia

Selain keindahan Lampu Lampionnya yang artisitik sebagai latar berfoto. Di Taman Lampion juga menyediakan sekitar 20 wahan bermain yang bisa dijajal oleh semua wisatawan. Wahana-wahana bermain itu diantaranya berupa rumah setan, kereta onthel, becak mini, balon air, bugee jumping, bianglala, perahu dan masih banyak lagi.

Taman Lampion Jogja

Aneka macam wahana bermain ini juga menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi wisatawan. Sehingga tidak heran jika Taman Lampion Jogja selalu ramai setiap harinya. Nah, setelah lelah bermain, wisatawan bisa beristirahat sambil menyantap berbagai aneka jajanan dan minuman yang tersedia di taman ini.

Menyaksikan Konser Musik

Pada waktu-waktu tertentu, wisatawan juga bisa menyaksikan konser musik dari artis lokal Jogja. Biasanya konser akan diadakan di dekat kolam bagian utara. Hanya saja, konser musik ini tidak memiliki jadwal tetap. Untuk bisa menyaksikan konser musik ini, wisatawan bisa datang pada akhir pekan atau saat liburan. Karena sudah dapat dipastikan pada waktu-waktu tersebut konser akan diadakan.

Lokasi dan Rute Taman Lampion Jogja

Taman Lampion Jogja

Taman Lampion Jogja berada di Jalan Ring Road Utara, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Nganglik, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Atau tepat berada di dalam area objek wisata Monumen Jogja Kembali. Untuk sampai disana, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bahkan kendaraan umum. Untuk kendaraan umum, gunakanlah Trans Jogja dengan jalur 2A dan 2B yang melewati shalter Monjali.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Taman Lampion Jogja terbuka untuk umum setiap hari. Untuk Hari Senin s/d Kamis buka pukul 16.30 sampai 22.00 WIB. Sementara untuk Hari Jum’at s/d Minggu buka pukul 17.00 sampai 23.00 WIB. Harga tiket untuk weekday (Senin-Kamis) sebesar Rp20.000. Sementara untuk weekend (Jum’at-Minggu) dan hari libur sebesar Rp25.000.

Fasilitas yang tersedia di Taman Lampion Jogja sudah cukup lengkap. Terdapat toilet, area parkir yang luas untuk kendaraan roda dua dan empat, tempat makan, dan musala.

Itulah beberapa ulasan seputar Taman Lampion Jogja. Apabila ingin berkunjung ke objek wisata ini, usahakan datang pada saat musim kemarau. Tempatnya yang cukup terbuka akan sangat rawan jika Anda datang saat musim penghujan. Nah, bagi Anda yang hendak berkunjung ke Taman Lampion tetapi tidak menggunakan kendaraan pribadi, kami punya solusinya. Layanan sewa motor kami, Jogja Rental Motor siap melayani keperluan transportasi Anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi halaman kami.