Select Page

Tempat wisata yang ada di Jogja memang sangat lengkap. Tidak terkecuali destinasi wisata yang cocok bagi anak-anak. Nah, Taman Pintar Jogja adalah pilihan wisata edukasi terbaik di Jogja bagi anak-anak. Jika berlibur bersama dengan si kecil, sempatkan untuk mampir dan menikmati berbagai wahana edukasi yang ada di Taman Pintar Jogja. Pastinya sangat menarik rekreasi sambil belajar.

Serunya Bermain di Taman Pintar Jogja

Menyandang sebutan sebagai Kota Pelajar, tidak heran kalau Jogja punya destinasi wisata untuk berlajar seperti Taman Pintar. Pembangunan Taman Pintar didasari karena perkembangan sains yang semakin menjadi. Panggagas dari pembangunannya sendiri tidaklah lain adalah pemerintah Kota Jogja.

taman pintar jogja

Diberi nama sebagai Taman Pintar karena memang di sini merupakan tempat untuk mengasah kepintaran para pengunjung, dari usia pra sekolah sampai dengan yang berusia sekolah menengah. Target dari pembangunan Taman Pintar Jogja memang adalah untuk meperkenalkan sains kepada anak-anak sedini mungkin supaya dunia teknologi yang terus berkembang bisa diikuti dengan baik oleh mereka di masa yang mendatang.

Pembangunan Taman Pintar dilakukan secara bertahap dari satu gedung berlanjut ke gedung yang lainnya. Sehingga ada dua kali soft opening hingga baru grand opening dilakukan pada tanggal 16 Desember 2018 dan yang meresmikan kala itu adalah presiden RI yang menjabat, Susilo Bambang Yudhoyono. Ada banyak hal menarik yang disediakan di Taman Pintar Jogja untuk sarana bermain dan belajar bagi anak-anak.

Di Taman Pintar Jogja Ada Apa Saja?

Taman Pintar mempunyai pembagian materi yang dikolompokkan menurut rentang usia serta penekanan materi pembelajarannya. Kelompok usia pun masih dibagi lagi jadi tingkatan pra sekolah, TK, SD, hingga SMP. Konsep pembelajaran yang diterapkan di Taman Pintar Jogja ini punya tujuan guna memperbaiki mutu penguasaan materi oleh anak-anak yang diperolehnya dari sekolah supaya lebih berkembang lagi.

Taman Pintar punya beberapa zona gedung yang berisi wahana bermain dan belajar. Masing-masing dikelompokkan sehingga berbeda-beda antara gedung satu dengan yang lainnya. Zona-zona yang dimaksudkan tersebut antara lain adalah Gedung Planetarium, Gedung Kotak, Gedung PAUD, Gedung Oval sampai dengan taman bermain dan juga kampung kerajinan.

taman pintar jogja

Dimulai dari Gedung Planetarium. Di dalam gedung ini keistimewaannya adalah pemakaian proyektor digital yang berguna untuk memperagakan benda-benda langit. Pada setiap pertunjukan akan dapat disaksikan seperti apa simulasi suasana langit Kota Jogja di malam hari dan juga berbagai benda langit yang ada saat malam. Semua pertunjukan diproyeksikan di media kubah setengah lingkaran lengkap dengan kursi penonton.

Berikutnya adalah Gedung Kotak yang berisi bioskop 4 dimensi. Lalu untuk Gedung Oval berisi dengan layar TV yang ada di lantai dan pada sebelah kanan dan kiri ruangan. Layar di ruangan ini menampilkan video penelitian mengenai alam semesta, kehidupan pada masa pra sejarah, dan lain sebagainya. Ada juga sebuah ruangan di dalam gedung ini yang menembus menuju Aquarium Air Tawar.

Sedangkan untuk lantai kedua Gedung Oval diisi dengan alat peraga mengenai alam semesta, seperti simulator gempa, alat peraga listrik, zona telekomunikasi dan masih banyak yang lainnya. Bagian lain dari Taman Pintar Jogja adalah Gedung PAUD yang terbagi jadi dua bagian, yaitu Barat dan Timur. Gedung PAUD diisi dengan berbagai alat peraga pendidikan interaktif yang memang secara khusus diperuntukkan bagi anak usia 2 hingga 7 tahun.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Taman Pintar dipisahkan menurut gedung maupun wahana permainan dan edukasi yang ada di dalamnya. Untuk Gedung Planetarium harga tiket adalah Rp22.000, Kotak dan Oval untuk anak-anak hanya Rp12.000 dan untuk dewasa Rp20.000. Jika ingin menikmati wahana-wahana yang ada di gedung kotak Anda perlu membayar dengan biaya bervariasi antara Rp10.000 hingga Rp25.000.

Lokasi dan Akses

Taman Pintar berada di Jalan Panembahan Senopati No 1-3, Kota Jogja, yang berarti lokasinya berada di tengah kota. Taman Pintar Jogja sangat dekat dengan kawasan Malioboro. Jika ingin akses yang jauh lebih mudah untuk menuju ke sana, kami Jogja Rental Motor menyediakan motor yang dapat anda sewa untuk mengelilingi Kota Gudeg. Termasuk tentu menuju ke Taman Pintar.