Select Page

Bagi Anda yang menyukai aktivitas rekreasi melibatkan air, Taman Sungai Mudal Yogyakarta adalah rekomendasi tempat wisata paling tepat. Taman ini mempunyai wahana utama berupa kolam pemandian dengan air yang jernih dan tampak kebiruan pada permukaannya.

Sumber air pemandian berasal dari mata air Mudal, sehingga tempat wisata ini diberi nama Taman Sungai Mudal. Di sekitar pemandian, pengelola membangun taman yang sesuai untuk dijadikan tempat berekreasi dan hiburan keluarga.

Aktivitas Menarik di Taman Sungai Mudal Yogyakarta

Pembukaan tempat ini sebagai lokasi wisata dimulai ketika warga setempat melakukan gerakan pembersihan di kawasan mata air dan bantaran sungai sejak tahun 2011. Melihat adanya potensi wisata berupa kolam pemandian, air terjun, jeram, aneka tumbuhan dan hewan serta pemandangan sekitar yang indah, akhirnya kawasan ini dijadikan tujuan wisata.

Sebagai kawasan ekowisata, Taman Sungai Mudal Yogyakarta berhasil membangkitkan perkembangan ekonomi warga. Di samping itu juga menjadi sumber pengairan bagi sawah di sekitar sungai dan menjadi sumber air bersih untuk keperluan rumah tangga warga.

Berjarak sekitar 100 meter dari pemandian, terdapat air terjun dengan lubuk dan jeram di sekitarnya. Air terjun di sini dinamakan Air Terjun Kedung Pedut dan Air Terjun Kembang Soka. Sementara itu, kedung yang terdapat di sepanjang sungai ini dinamai Kedung Wong, Luweng, Dowo, Rempelas, Gedoya, dan Awar-awar.

Berenang di Kedung Gedoya

Di Kedung Gedoya inilah kolam pemandian dan renang berlokasi. Terdapat juga kolam untuk anak-anak dengan kedalaman satu hingga satu setengah meter dan dewasa satu setengah hingga dua meter. Luas kolam anak 7×11 meter persegi, sedangkan kolam dewasa 7×10 meter persegi.

Taman Sungai Mudal Yogyakarta

Selain bermain air, Anda pun bisa melakukan pemotretan di bawah air. Waktu yang tepat untuk berfoto sambil menyelam yaitu pagi atau sore hari, ketika sinar matahari menerangi kawasan ini dari samping.

Trekking ke Watu Wayang

Selain bermandi dengan air yang segar dari mata air, cobalah trekking ke Watu Wayang. Tempat ini berupa tebing batu kapur yang sangat mirip dengan kelir wayang sehingga disebut sebagai Watu Wayang.

Area tebing ini merupakan habitat bagi kawanan kera ekor panjang. Jangan lewatkan juga berjalan-jalan mengelilingi area taman yang dipenuhi aneka pepohonan rindang dengan bunga anggrek berwarna-warni.

Meski musim hujan, lokasi ini masih aman untuk dikunjungi. Ketika musim liburan, biasanya jumlah pengunjung sangat banyak. Artinya Anda harus rela mengantre lama untuk menggunakan fasilitas kamar mandi dan kamar ganti. Sambil menunggu, cobalah cicipi makanan ringan khas Kulonprogo yang dijual di warung seperti geblek dan tempe benguk.

Harga Tiket Masuk dan Sewa Fasilitas

Masuk ke kawasan Taman Sungai Mudal Yogyakarta, Anda hanya perlu membayar retribusi yang cukup murah yaitu sebesar Rp4.000 per orang. Sementara parkir dipatok tarif Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Taman Sungai Mudal Yogyakarta

Fasilitas di Taman Sungai Mudal ini tergolong sangat lengkap. Kamar mandi, kamar ganti, musala, gazebo, dan warung makan sudah disediakan dalam kondisi yang baik. Pengelola juga menyediakan fasilitas WiFi untuk mempermudah Anda berhubung dengan rekan-rekan dunia maya. Mereka juga menyediakan pelampung yang dapat disewa dengan tarif Rp5.000.

Bagi penggemar olahraga ekstrem, ada wahana flying fox dan river tubing yang sangat menantang. Untuk flying fox, dikenakan tarif sebesar Rp15.000 per orang. Jam buka taman wisata air ini yaitu setiap hari dari pukul 8.00 hingga 17.00 WIB.

Rute Menuju Taman Sungai Mudal Yogyakarta

Taman Sungai Mudal beralamat di Pedukuhan Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Taman rekreasi ini dapat dijangkau dengan berkendara sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta.

Jika Anda mengawali perjalanan dari Perempatan Tugu Yogyakarta, ambil arah barat sampai ke perempatan Demakijo, kemudian masuk ke Jalan Godean dan ikuti petunjuk sampai jembatan Sungai Progo. Setelah itu, ambil jalan ke arah Gua Kiskenda, dari pertigaan lurus sampai ke pertigaan hutan pinus, lalu belok kiri ke arah Kokap. Ikuti arah sesuai papan petunjuk Taman Sungai Mudal.

Bagi Anda yang mahir berkendara, tentunya lebih mudah dan nyaman jika menaiki kendaraan sendiri ke Taman Sungai Mudal Yogyakarta. Apabila tidak membawa kendaraan, singgahlah dulu ke layanan Jogja Rental Motor kami. Dengan harga yang bersahabat dan layanan  sewa memuaskan, Anda dapat berpetualang lebih leluasa dengan armada kami.