Select Page

Tebing Breksi Jogja merupakan sebuah objek wisata baru di Kota Yogyakarta. Namun pesonanya yang artistik dan eksotik mampu menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Sehingga namanya kian melambung dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Dapat dikatakan bahwa objek wisata Jogja satu ini cukup unik dan menarik karena objek utamanya hanyalah sebuah tebing bekas pertambangan.

Pada umumnya Tebing Breksi banyak disukai oleh para petualang. Lokasinya yang berupa tebing sangat cocok sebagai objek panjat tebing, sepeda gunung maupun fotografi. Dari atas tebing, wisatawan bisa melihat dengan jelas pemandangan Gunung Merapi, Pusat Kota, Bandara, Candi Prambanan, Candi Barong dan lain sebagainya.

Sejarah Tebing Breksi Jogja, Dari Penambangan Jadi Destinasi Wisata

Dahulu, Tebing Breksi hanyalah sebuah tempat penambangan kapur yang menjadi sumber pencahariaan warga sekitar. Namun, lambat laun lokasi yang dulu dijadikan tempat pertambangan ini beralih fungsi menjadi objek wisata kekinian Yogyakarta. Secara administrasi Tebing Breksi Jogja diresmikan pada tanggal 30 Mei 2005 oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta atau Sultan Hamengku Buwono X.

Tebing Breksi Jogja

Sebelum akhirnya dijadikan objek wisata, terlebih dahulu dilakukan penelitian terhadap batuan kapur yang ada di tebing breksi. Ternyata dalam batu kapur tersebut terkandung endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba. Nah, sejak saat itulah aktivitas pertambangan dihentikan. Lalu lokasi tersebut dialih fungsikan sebagai kawasan geo heritage yang akhirnya diresmikan menjadi sebuah objek wisata baru.

Lalu, apa sajakah keseruan yang bisa dinikmati wisatawan? Berikut ini sedikit ulasannya.

Menyaksikan Pertunjukan Seni Budaya

Bersamaan diresmikannya Tebing Breksi sebagai objek wisata, dibangun pulalah sebuah teater kecil atau disebut amphiteater yang terbuka untuk umum. Berbagai pertunjukan seni sepert konser musik sering digelar di amphiteater. Jika beruntung wisatawan pun bisa menyaksikan keseruan konser tersebut. Apabila berkunjung khusus untuk menyaksikan pertunjukan, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengecek jadwal pertunjukan.

Menyusuri Shiva Plateau dengan Mobil Jeep

Di objek wisata Tebing Breksi Jogja juga menyediakan paket wisata Jeep untuk menyusuri Shiva Plateau. Wisatawan juga  bisa memilih rute yang diinginkan, mulai dari rute pendek, menengah hingga panjang. Dengan menggunakan Jeep wisatawan bisa menyusuri berbagai candi yang ada disekitar objek wisata Tebing Breksi, seperti Candi Barong, Bukit Teletubies dan lain sebagainya.

Menyaksikan Kemegahan Sunset Di atas Bukit

Kegiatan yang tidak kalah seru lainnya yaitu menyaksikan sunset di atas Bukit Breksi. Dari atas bukit wisatawan bisa melihat keindahan matahari terbenam tanpa terhalang benda apapun. Sungguh keindahan luar biasa dari atas bukit yang sempurna.

Spot Foto Keren Berlatar Ukir-Ukiran Tebing yang Artistik

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu objek wisata tanpa mengabadikan momen dengan berfoto. Nah, di Tebing Breksi ini merupakan spot yang cocok bagi pecinta fotografi. Keindahan ukiran di tebing batu serta pemandangannya indah dari atas bukit menjadi daya tarik sendiri untuk mengabadikan momen bersama teman maupun keluarga.

Lokasi dan Rute Tebing Breksi Jogja

Tebing Breksi berada di Kabupaten Sleman, tepatnya di Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan. Untuk mencapai lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Untuk kendaraan umum sendiri belum ada yang melewati objek wisata ini.

Untuk bisa mencapai lokasi wisata ikutilah rute menuju Candi Prambanan. Dari Candi Prambanan masih harus menempuh perjalanan sekitar 7 km lagi untuk sampai di Tebing Breksi. Atau ikutilah penunjuk arah menuju Candi Ijo, setelah tiba di Candi Ijo itu berarti Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 1 km lagi untuk sampai lokasi wisata. Untuk menghindari kebingungan, Anda bisa bertanya pada warga sekitar atau menggunakan GPS.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Objek wisata ini terbuka untuk umum setiap hari. Dan untuk menikmati keindahan tebing, baik wisatawan lokal maupun mancanegara tidak dipatok tarif khusus alias gratis. Hanya saja untuk penitipan kendaraan dikenakan biaya Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Sayangnya objek wisata ini belum menyediakan fasilitas yang memadai seperti toilet,  musala dan tempat sampah. Oleh karena itu diharapkan wisatawan dapat menjaga kebersihan dengan membuan sampah pada tempatnya.

Itulah beberapa ulasan mengenai  Tebing Breksi Jogja. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda yang ingin menghabiskan waktu berkunjung ke objek wisata tersebut. Dan bagi Anda yang berminat mengunjungi Tebing Breksi tetapi terkendala transportasi. Tenang saja, kami menyediakan Jasa Rental Motor di Jogja Rental Motor. Layanan kami yang siap membuat nyaman perjalanan liburan Anda di Jogja.