Select Page

Yogyakarta memang kaya tempat wisata. Bukan hanya wisata tradisional yang identik dengan Budaya Jawa atau wisata candi bernuansa Hindu-Budha, Yogyakarta juga memiliki tempat-tempat wisata kekinian yang khas dengan selera anak muda. Unik pula. Termasuk tempat wisata The Lost World Castle Yogyakarta.

Daya Tarik dan Keunikan The Lost World Castle Yogyakarta

Daya tarik tempat wisata ini terfokus pada bangunan yang menyerupai Tembok Besar Cina. Dari jauh bentuknya mirip dengan kastil, lengkap dengan sudut-sudut yang biasa digunakan untuk pos penjaga. Bangunannya tinggi dengan warna abu-abu, tampak sangat eksotis dengan latar Gunung Merapi.

The Lost World Castle Yogyakarta

The Lost World Castle berdiri pada lahan dengan luas 1,3 hektar. Lokasi ini merupakan lokasi yang ikut terdampak luapan Gunung Merapi beberapa tahun lalu. Nama tempat wisata yang diambil, semacam mengingatkan bahwa dulu tempat ini pernah hilang. Inilah yang menyebabkan tempat ini diberi nama The Lost World. Dalam Bahasa Indonesia, bisa lah jika diartikan dunia yang hilang.

Beragam Hiburan di The Lost World Castle

Jika dicermati, wisata ini bukan hanya memberikan hiburan kepada siapa yang mengunjunginya, tetapi juga memberikan edukasi. Sebab, telah ada dalam perencanaan pihak pengelola bahwa, di sana akan dibangun museum terkait erupsi Gunung Merapi.

Wisata ini terletak di kaki Gunung Merapi. Jadi dapat dipastikan, spot untuk melihat Gunung Merapi akan banyak ditemukan di sini. Lain itu, spot-spot foto lain juga tidak kalah menarik. Salah satu spot foto itu adalah spot foto seperti Stonehenge dengan batuan besar yang disusun melingkar.

The Lost World Castle Yogyakarta

Selain itu, ada juga spot foto yang menyerupai hunian Suku Indian. Spot kuda yang akan meloncat juga ada. Namun tentu saja, spot yang paling banyak menarik perhatian adalah spot Gunung Merapi itu tadi, juga kastil berbentuk benteng yang menjadi bagian fokus dari nama tempat wisata ini.

Sebagai saran, jika memang ingin mengambil foto paling bagus, datang lah ke tempat ini pada pagi hari atau sore hari. Sebab, cahaya pada pagi hari lebih bagus untuk hasil foto yang baik. Berbeda tentu dengan foto yang diambil siang hari. Cahayanya terlalu banyak, sehingga foto terlihat sedikit buram.

Paling penting, gunakan alas kaki yang menunjang Anda untuk bergerak bebas di lokasi wisata The Lost World Castle Yogyakarta. Karena lokasi wisata ini memiliki banyak tangga yang membutuhkan topangan kaki kuat. Menggunakan alas kaki yang tinggi tentu sangat tidak disarankan. Resiko cidera akan sangat besar jika Anda nekat menggunakannya.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Tiket masuk The Lost World Castle Yogyakarta bisa dikatakan murah untuk sekarang. Ini karenanya, pengerjaannya belum selesai seluruhnya. Untuk biaya masuk, perorang hanya dikenakan Rp25.000 saja. Harga ini kurang dari separuh harga yang tertulis pada tiket masuk. Pada tiket masuk, harga yang ditulis adalah Rp60.000.

Karena masih dalam pengerjaan, fasilitas di tempat ini belum lengkap. Anda tidak akan menemukan restoran atau cafe di sini. Tetapi, jika sekadar warung untuk mengisi perut, Anda tidak akan susah mencarinya. Fasilitas wisata semacam kamar mandi dan mushola juga ada, ya. Tempat parkir kendaraan juga luas.

Penginapan, jika Anda ingin menginap, bisa Anda sewa dengan harga Rp50.000 permalam. Pagi hari Anda bisa bangun dan menikmati hawa dingin lereng Merapi, lengkap dengan panorama merapi yang menarik hati.

Lokasi dan Rute ke The Lost World Castle

The Lost World Castle Yogyakarta berada di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Anda bisa menuju ke sana lewat jalan Kaliurang ke arah utara. Rutenya cukup mudah, tinggal ikuti papan petunjuk ke arah Kaliadem.

Jika sudah masuk ke Jalan Bebeng, itu artinya perjalanan Anda tinggal sebentar lagi. Karena setelah Kopi Merapi lewat, Anda sudah bisa melihat bangunan The Lost World Castle Yogyakarta. Tapi perlu Anda waspadai, sebab jalan masuk menuju lokasi belum diaspal. Anda perlu masker dan kendaraan yang baik untuk menuju ke sana.

Untuk masalah kendaraan ke The Lost World Castle Yogyakarta, kami bisa membantu Anda menyediakan jasa rental kendaraan. Persyaratannya mudah. Anda juga bisa PO dan menentukan lokasi di mana kami bisa mengantar kendaraan. Silakan PM ke nomor kontak kami yang ada di Jogjamotor.net. Selamat berwisata.