Select Page

Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta merupakan tempat wisata yang ada di Kulon progo. Luas waduk ini mencapai 157 hektar dan mempunyai daya tampung 25 juta meter kubik. Dengan menaiki perahu, Anda dapat melihat keindahan waduk Sermo dan wilayah di sekitarnya.

Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta merupakan salah satu bendungan terbaik se-Indonesia karena kualitas air yang bagus. Waduk ini juga mempunyai sedimentasi yang sedikit. Pembangunan Waduk ini membawa dampak yang sangat besar bagi warga Yogyakarta, khususnya Kulon Progo. Fungsi waduk selain sebagai sarana irigasi, juga menjadi sumber air minum di Kabupaten Kulon Progo. Air baku yang dapat dialirkan dari waduk ini ke Kabupaten Kulon Progo tak kurang dari 150 liter per detik.

Sejarah Pembangunan Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta

Pembangunan Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta dibiayai oleh APBN dan dana bantuan ADB. Mac. Donald mulai melakukan studi kelayakan sejak tahun 1980 terhadap waduk ini. Kemudian PT Indra Karya melanjutkan studi ini pada tahun 1985 dan 1991. Sementara Final Assesment dilakukan oleh Electroconsult pada tahun 1992. Kesimpulannya pembangunan bendungan ini layak dari sisi teknis dan ekonomis. Biaya untuk membangun waduk ini ditaksir mencapai Rp22,4 miliar. Peresmian waduk ini kemudian dilakukan pada tanggal 20 November 1996 oleh Presiden Soeharto.

Waduk Sermo kulon progo yogyakarta

Dalam pembangunan Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta, pemerintah melakukan transmigrasi bedol desa terhadap 100 kepala keluarga di daerah ini. Mereka dikirim ke Tak Toi, Bengkulu, sementara 7 kepala keluarga yang lain transmigrasi ke Perkebunan Inti Rakyat (PIR) Kelapa Sawit, Riau.

Tidak semua warga berangkat ke luar Pulau Jawa untuk bertransmigrasi. Ada sebagian warga yang memilih tetap menjalankan mata pencaharian mereka di tempat ini. Salah satunya sebagai pengemudi perahu wisata. Profesi ini dirasa menguntungkan, karena banyak wisatawan yang datang berkunjung ke waduk ini.

Menurut warga setempat, di desa mereka yang kini sudah menjadi waduk dahulunya terdapat makam leluhur. Bedol desa yang dilakukan di tahun 1996 membuat makam tersebut harus dipindahkan. Kini lokasi makam berada di sebelah timur waduk. Di antara makam-makam tersebut, ada satu makam yang konon tidak mau dipindahkan. Makam itu adalah makam Mbah Sermo yang tetap berada di tengah waduk hingga kini.

Fasilitas dan Tiket Masuk ke Waduk Sermo Yogyakarta

Fasilitas yang ada di waduk ini cukup lengkap seperti toilet dan kamar mandi. Di bagian timur Waduk Sermo, pengelola menyediakan area outbound dan vila.

Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta juga mempunyai wahana perahu yang bersandar di dermaga. Di sekitar tempat wisata ini, Anda pun bisa menikmati kuliner ikan air tawar di Gendhis Resto yang lokasinya di pinggir waduk. Dikenakan tarif sebesar Rp10.000 per orang untuk dapat menaiki perahu dan melihat-lihat kawasan waduk.

Daya Tarik Wisata Waduk Sermo Yogyakarta

Waduk ini berada di perbukitan Menoreh. Lokasinya juga berbatasan dengan hutan Suaka Margasatwa Sermo, sehingga suasananya sangat asri. Sebelum memasuki kawasan wisata Waduk Sermo, Anda harus melewati hutan kecil dengan pohon-pohon rimbun. Tempat ini merupakan spot favorit untuk melakukan pemotretan pre-wedding dan kegiatan berburu foto.

Waduk Sermo kulon progo yogyakarta

Daya tarik wisata di tempat ini yaitu berkeliling waduk dengan menaiki perahu. Banyak spot foto menarik di tempat ini, seperti di sekitaran waduk dan akar-akar liar yang tumbuh di sana. Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta merupakan waduk favorit para pemancing karena adanya spesies ikan seperti nila, gurami, tombro, dan red devil.

Sebulan sekali, pengelola yakni Pemda Kulon Progo menampilkan Tari Jathilan khas Kulon Progo yang saat ini mulai jarang dipertontonkan.

Lokasi Dan Rute Menuju ke Waduk Sermo

Waduk Sermo berlokasi di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Menuju ke Waduk Sermo dari Wates hanya bisa melewati satu jalur. Namun kondisi jalan lebar dan sudah beraspal halus. Sangat mudah bagi Anda yang akan menuju ke tempat ini dari pusat kota Yogyakarta. Dari Yogyakarta langsung menuju ke Wates, setelah sampai di patung kuda, ambil jalan ke arah kanan alun-alun. Kemudian dari arah barat alun-alun terus mengarah ke Waduk Sermo. Perjalanan ini dapat ditempuh dalam waktu 45 menit dengan jarak sekitar 35 kilometer.

Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta berada di jalur menuju Desa Wisata Kalibiru, Puncak Dipowono, dan Gunung Gajah. Maka, apabila Anda pergi ke tempat-tempat tersebut, tidak ada salahnya menyinggahi waduk ini. Lebih nyaman dan  mudah jika Anda mengendarai kendaraan pribadi. Namun bagi Anda yang tidak membawa kendaraan, layanan sewa kami bisa menjadi alternatif. Dengan harga bersahabat dan servis memuaskan, Jogja Rental Motor kami adalah pilihan terbaik untuk Anda.